KESENIAN TONGPREK DHARMA PUTRA DI DESA KALIPANCUR,KECAMATAN BOJONG,KABUPATEN PEKALONGAN : KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN DAN FUNGSI


JOKO HERU SETYAWAN , 2501914039 (2016) KESENIAN TONGPREK DHARMA PUTRA DI DESA KALIPANCUR,KECAMATAN BOJONG,KABUPATEN PEKALONGAN : KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN DAN FUNGSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501914039.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (220kB) | Preview

Abstract

Pemilihan kesenian Thongprek menjadi bahan penelitian karena kesenian ini memiliki keunikan tersendiri sebagai hasil inovasi kesenian tradisi dalam mengikuti perkembangan jaman.disamping sebagai upaya pelestarian budaya tradisi dalam menghadapi pengaruh jaman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pertunjukan kesenian Thomgprek secara jelas dan untuk mengetahui fungsinya bagi masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan methode diskripsi kualitatif.dalam upaya mencari keakuratan informasi agar dapat kajian dan perhatian masyarakat dalam rangka mempertahankan nilai budaya bangsa Kesenian Tongprek di desa Kalipancur Kec. Bojong,Kab.Pekalonganberbentuk ensamble musik tradisi sebagai hasil kreasi baru yang memiliki ciri bentuk pertunjukan yang unik dan menarik dibandingkan kesenian tradisi lainnya di Kabupaten Pekalongan. Kelebihan kesenian ini adalah pada sisi warna musik yang mengkombinasi antara irama campursari dengan tambahan suara angklung dan calung yang teramu secara harmonis. Dalam pertunjukan kesenian ini juga menampilkan adegan cerita komedi yang lebur dalam satu pagelaran yang utuh.Penyajian kesenian ini dapat dilakukan dalam format panggung dan format karnaval.Kesenian ini mempunyai fungsi yang sangat penting bagi masyarakat sebagai salah satu upaya pelestarian budaya disamping fungsi hiburan bagi masyarakat. Kesimpulan yang dapat di dapat dari penelitian ini adalah sangat pentingnya mempertahankan kesenian tradisi sebagai kekayaan bangsa dengan berupaya mengenalkan pada dunia luas lewat berbagai cara dalam rangka menghadapi terpaan jaman yang semakin maju.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KESENIAN TONGPREK, DHARMA PUTRA, DESA KALIPANCUR,BENTUK PERTUNJUKAN
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 18 Jan 2018 12:02
Last Modified: 18 Jan 2018 12:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29232

Actions (login required)

View Item View Item