KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN PURBALINGGA


Okti Nurdiyani , 1401412500 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412500.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (288kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis, penguasaan keterampilan menulis siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan guru belum memberi media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis deskripsi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Bojong Kabupaten Purbalingga. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 60 orang siswa yang terdiri dari 29 siswa dari kelas eksperimen dan 31 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan media, pedoman wawancara, dan soal tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji Independent Sample t Test dan uji One Sample t Test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,035 > 2,002) dan signifikansinya 0,046 < 0,05. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,040 > 2,002) dan signifikansi 0,046 < 0,05. Setelah dilakukan uji Independent Sample t Test dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa kelas IV yang mendapatkan pembelajaran dengan media gambar dibandingkan dengan media audio. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji One Sample t Test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,791 > 2,002). Sementara itu, hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,073 > 2,002). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penggunaan media gambar lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia dibandingkan dengan yang menggunakan media audio.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, media gambar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:54
Last Modified: 18 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29223

Actions (login required)

View Item View Item