KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PRETEK 01 KABUPATEN BATANG


Windyastuti , 140141249 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PRETEK 01 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412499.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (291kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SD. Pembelajaran IPA dalam pelaksanaannya masih jarang menggunakan media sehingga siswa menjadi bosan dan kurang aktif saat mengikuti pembelajaran. Media video dapat dijadikan sebagai pengantar komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran IPA. Dengan menerapkan media video dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar Peristiwa Alam pada kelas IV SD Negeri Pretek 01 Kabupaten Batang. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SD Negeri Pretek 01 Kabupaten Batang. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa dari kelas eksperimen dan 21 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Product Moment untuk uji validitas jika rhitung > rtabel, maka dapat dikatakan item valid, Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen jika nilai Cronbach’s Alpha > 0,6, maka instrumen tersebut reliabel. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas jika nilai signifikansi > 0,05, maka data berdistribusi normal dan homogen, uji independent sampel t-test dan one sample t test untuk uji hipotesis jika nilai thitung > ttabel, maka aktivitas dan hasil belajar IPA materi peristiwa alam siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,523 > 2,021) dan signifikansinya 0,001 < 0,05. Data hasil belajar siswa menunjukkan thitung > ttabel (3,325 > 2,021) dan signifikansi 0,002< 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA antara siswa kelas V yang menggunakan media video dibanding yang menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil uji keefektifan menggunakan rumus uji one sample t test data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,423 > 1,725). Sementara hasil uji keefektifan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,438 > 1,725). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penggunaan media video dalam pembelajaran lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dibandingkan dengan yang menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, media video.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:35
Last Modified: 19 Jan 2018 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29220

Actions (login required)

View Item View Item