KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUKAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI TEMBOK LUWUNG 01 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Bika Janatika , 1401412497 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUKAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI TEMBOK LUWUNG 01 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412497.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (283kB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang penting untuk disampaikan di sekolah. Dengan mempelajari IPS siswa akan mendapatkan bekal untuk hidup dalam masyarakat. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang memuat materi cukup banyak, sehingga sulit dipahami oleh siswa. Pada umumnya guru hanya menerapkan model konvensional karena guru belum mengetahui efektifitas model pembelajaran yang lain. Salah satunya model pembelajaran TTW. Hal tersebut membuat guru menjadi ragu untuk menggunakan model pembelajaran TTW sehingga mendasari peneliti ingin mengetahui keefektifan model TTW berbantuan media gambar pada pembelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi kelas IV di SD Negeri Tembok Luwung 01. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 30 siswa kelas IV A dan 29 siswa kelas IV SDN Tembok Luwung 01 Kabupaten Tegal. Seluruh populasi dijadikan sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes analisis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai observasi penerapan model pembelajaran TTW Berbantukan Media Gambar sebesar 91,6 dengan kriteria Sangat Baik. Perolehan nilai rata-rata minat siswa kelas eksperimen mencapai 88,70% dan kelas kontrol mencapai 77,9 %. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai 78,77 dan kelas kontrol mencapai 71,65. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW Berbantukan Media Gambar efektif terhadap pembelajaran IPS kelas IV materi Perkembangan Teknologi. Untuk menindaklanjuti penelitian ini, guru, pihak sekolah, dan peneliti lain disarankan untuk mengembangkan model pembelajaran TTW Berbantukan Media Gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, hasil belajar, gambar, Think Talk Write
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:40
Last Modified: 19 Jan 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29217

Actions (login required)

View Item View Item