HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN SENI MUSIK DI KELUARGA DENGAN MUSIKALITAS DALAM BERNYANYI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PURWODADI


Alfina Christy , 2501412101 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN SENI MUSIK DI KELUARGA DENGAN MUSIKALITAS DALAM BERNYANYI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501412101.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (335kB) | Preview

Abstract

Beberapa dari masyarakat masih memandang sebelah mata mengenai arti penting pendidikan musik di keluarga. Keluarga adalah lembaga terkecil dalam mendidik seorang anak dalam hal apapun, termasuk pendidikan musik. Melalui kepekaan terhadap elemen dasar musik tersebut maka anak/siswa telah memiliki peta kognitif musik yang kompleks. Kepekaan musik sebagai dasar yang dimiliki sejak dini akan menjadi bekal bila hendak diaplikasikan pada keterampilan musik salah satunya dalam bernyanyi. Demikan dapat ditarik permasalahan diantaranya adakah hubungan dan kontribusi antara pendidikan musik di keluarga dengan musikalitas dalam bernyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif koresional dengan menggunakan pendekatan psikologi dan musikologi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Propotional Simple Random Sampling sebanyak 20 siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Purwodadi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang berupa angket dan tes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif persentasi, uji normalitas dan uji korelasi yang bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan musik di keluarga dengan musikalitas dalam bernyanyi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Purwodadi . Dengan n = 20 maka nilai dk = (n – 2) = (20 – 2) = 18 dan taraf signifikan sebesar 5%, didapatkan nilai rhitung = 0,978 dan nilai rtabel = 0,468. Maka nilai rhitung (0,978) > rtabel (0,468). Dengan melihat nilai korelasi X dan Y pada tabel output correlations r = 0,978 = 97,8. Demikian terbukti bahwa terdapat hubungan antara pendidikan musik di keluarga dengan musikalitas dalam bernyanyi. Serta sumbangan simultan dari variabel pendidikan musik di keluarga terhadap musikalitas dalam bernyanyi sebesar 97,8 % dan sisanya 2,2 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Peneliti menyarankan agar tiap keluarga merealisasikan pendidikan musik secara berkelanjutan, mendukung, memfasilitasi dan ikut serta dalam kegiatan bermusik di dalam keluarga. Hal tersebut sebagai penunjang kemampuan musikal anak dalam bernyanyi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Musik, Keluarga, Musikalitas, Bernyanyi, Siswa SMP
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 17 Jan 2018 13:05
Last Modified: 17 Jan 2018 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29216

Actions (login required)

View Item View Item