PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SIKAPAT DAN SIPAYUNG KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG


Sirajuddin Latief , 1401412496 (2016) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SIKAPAT DAN SIPAYUNG KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412496.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (456kB) | Preview

Abstract

Kinerja guru merupakan suatu hasil dari proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh seorang guru sesuai tugas dan tanggung jawabnya untuk mendidik, mengajar, dan mengevaluasi peserta didiknya. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kinerja guru, antara lain adalah supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru. Supervisi akademik kepala sekolah yang diberikan secara sistematis dan maksimal akan memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Selain itu, kompetensi pedagogik yang dimiliki seorang guru juga merupakan suatu faktor internal yang dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Gugus Sikapat dan Sipayung Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang sebanyak 94 guru. Sampel penelitian sebanyak 75 guru yang ditentukan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan sumbangan pengaruh sebesar 34,2%; (2) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru dengan sumbangan pengaruh sebesar 24,5%; serta (3) terdapat pengaruh supervisi akadmik dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dengan sumbangan pengaruh sebesar 41,0%. Dapat disimpulkan bahwa: supervisi akademik kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Gugus Sikapat dan Sipayung Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, kompetensi pedagogik guru, supervisi akademik kepala sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:40
Last Modified: 19 Jan 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29215

Actions (login required)

View Item View Item