KEEFEKTIFAN MODEL TPS BERBANTU MEDIA FOTO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BOGANGIN KABUPATEN BANYUMAS


Ziadatul Mubarokah , 1401412492 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TPS BERBANTU MEDIA FOTO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BOGANGIN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412492.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (292kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang wajib dilaksanakan di setiap jenjang pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya masih banyak menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan kurang mengoptimalkan media pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Model TPS atau Think Pair Share merupakan salah satu model yang tepat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis deskripsi didukung dengan media foto agar lebih menarik minat dan perhatian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model TPS berbantu media foto terhadap aktivitas dan hasil belajar menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bogangin. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Bogangin. Sampel penelitian ini menggunakan seluruh populasi yang berjumlah 57 siswa yang terdiri atas 30 siswa dari kelas IV A dan 27 siswa dari kelas IV B. Kelompok kontrol dalam penelitian ini adalah kelas IV A, sedangkan kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas IV B. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) wawancara, (2) dokumentasi, (3) observasi, dan (4) tes. Instrumen yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, dokumen, lembar observasi, dan soal tes. Hasil pengujian hipotesis tentang ada tidaknya perbedaan aktivitas belajar siswa diperoleh nilai t hitung > t tabel (4,688 > 2,004) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Pada pengujian hipotesis tentang ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,712 > 2,004) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis mengenai keefektifan model TPS berbantu media foto terhadap aktivitas siswa diperoleh nilai t hitung > t tabel (6,932 > 2,056) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis mengenai keefektifan model TPS berbantu media foto terhadap hasil belajar siswa diperoleh besarnya nilai t hitung > t tabel (5,613 > 2,056 ) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model TPS berbantu media foto efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar menulis deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, hasil belajar, dan model TPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:40
Last Modified: 19 Jan 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29211

Actions (login required)

View Item View Item