PERAN MUSIK DALAM EKSPRESI EMOSIONAL REMAJA KETIKA MENGHADAPI MASALAH PADA KEHIDUPAN REMAJA KAMPUNG PANJANGSARI BARU PARAKAN TEMANGGUNG


Beata Evaria Ratnasari , 2501412062 (2016) PERAN MUSIK DALAM EKSPRESI EMOSIONAL REMAJA KETIKA MENGHADAPI MASALAH PADA KEHIDUPAN REMAJA KAMPUNG PANJANGSARI BARU PARAKAN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501412062.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (250kB) | Preview

Abstract

Ketika seseorang mendengarkan musik, gelombang listrik yang ada di otaknya dapat diperlambat atau dipercepat dan pada saat yang sama kinerja sistem tubuh pun mengalami perubahan. Bahkan, musik mampu mengatur hormonhormon yang mempengaruhi stres seseorang, serta mampu meningkatkan daya ingat sehingga pendengar akan dapat mengontrol ekspresi emosionalnya. Rumusan masalah yang peneliti lakukan yaitu Bagaimana peran musik dalam mempengaruhi ekspresi emosional remaja di kampung Panjangsari Baru pada kehidupan sehari-hari dalam menghadapi sebuah masalah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peran musik bagi kehidupan remaja, dan bagaimana cara remaja menyelesaikan masalah dengan media hiburan berupa musik. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan bagaimanaPeran musik terhadap ekspresi emosional remaja ketika menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik nontes yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Dalam penelitian ini, uji keabsahan data dilakukan dengan derajad kepercayaan dan triangulasi. Dari ke tiga Triangulasiyang paling berpengaruh untuk menyelesaikan masalah yaitu Triangulasi sumber, karena pengumpulan sumber data yang diperoleh peneliti berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Musik adalah media hiburan, musik juga sebagai media penggungkap perasaaan remaja. Bermacam-macam genre musik memberikan nuansa yang berbeda sehingga seseorang yang mendengarkan musik dapat memilih sesuai genre yang sedang diinginkan atau sesuai suasana hati saat itu. Dari hasil pengamatan sudah terbukti musik dapat menyembuh perasaan seseorang yang marah, sedih, setiap orangyang mendengarkan musik akan membawa dampak yang positif dalam mengatur emosi diri, kerena musik dapat mengekspresikan diri sesuai yang diinginkan. Remaja dan masyarakat alangkah baiknya jika dalam volume mendengarkan musik semakin ditingkatkan, mendengarkan musik dapat dilakukan setiap hari ketika bangun bagi, belajar, atau melakukan aktivitas, karena musik dapat memberikan semangat bagi pendengar. Musik juga membantu untuk memotivasi diri, semangat hidup, media hiburan, teman curhat, dan hal- hal positif yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : peran musik, ekspresi emosional, masalah remaja
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 17 Jan 2018 12:38
Last Modified: 17 Jan 2018 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item View Item