APRESIASI DAN EKSPRESI SISWA DALAM PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU DI TK NEGERI PEMBINA SEMARANG
Khomsatun Khasanah , 2501412035 (2016) APRESIASI DAN EKSPRESI SISWA DALAM PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU DI TK NEGERI PEMBINA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (362kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran gerak dan lagu yang ada di TK Negeri Pembina Semarang merupakan pembelajaran intra sekolah dan menggunakan proses apresiasi dan ekspresi yang dilakukan oleh siswa. Kegiatan apresiasi dan ekspresi dalam pembelajaran gerak dan lagu merupakan wadah untuk siswa berkreasi dan berekspresi sesuai dengan apa yang diinginkannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Semarang, bagaimana apresiasi siswa dalam pembelajaran gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Semarang, dan bagaimana ekspresi siswa dalam pembelajaran gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Semarang, menganalisis apresiasi siswa dalam pembelajaran gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Semarang, dan menganalisis ekspresi siswa dalam pembelajaran gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pendidikan seni. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini yaitu (1) Proses pembelajaran gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Semarang dilakukan dalam tiga tahap yaitu: (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, dan (3) kegiatan penutup, (2) Proses apresiasi dalam pembelajaran gerak dan lagu di TK Negeri Pembina Semarang diawali dengan guru menanyangkan video tari kepada siswa, kemudian melakukan proses apresiasi dengan melihat, mendengarkan, memahami dan mempraktikannya, adapun ekspresi siswa pada saat proses apresiasi yaitu ekspresi serius, tidak peduli, penasaran, dan senang, (3) proses ekspresi siswa dalam pembelajaran gerak dan lagu dalam bentuk siswa menari bebas dengan diiringi musik, ekspresi yang sesungguhnya pada siswa muncul pada saat siswa bergerak dan pada mimik wajah. Saran dari hasil penelitian ini yaitu bagi pengelola TK Negeri Pembina Semarang lebih meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran gerak dan lagu seperti tape, CD, TV, dan laptop. Bagi guru TK Negeri Pembina Semarang lebih kreatif lagi dalam pembelajaran gerak dan lagu seperti pemilihan materi, penggunaan metode pembelajaran, dan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Apresiasi, Ekspresi, Siswa, Pembelajaran Gerak dan Lagu, TK Negeri Pembina Semarang. |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 12:34 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 12:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29207 |
Actions (login required)
View Item |