PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA NEGERI 2 SEMARANG


DESI KUSUMA SARI , 2501412033 (2016) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501412033.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (316kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang berorientasi guna membina kemampuan siswa memecahkan masalah melalui serangkaian aktivitas yang menuntut kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berkomunikasi dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana proses pendekatan saintifik dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Semarang. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan proses pendekatan saintifik dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Semarang. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai referensi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu Kontruk, Internal, Eksternal, dan keajegan. Serta menggunakan teknik triangulasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Semarang meliputi persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Persiapan meliputi pembuatan silabus dan RPP, pelaksanaan meliputi sepuluh komponen pembelajaran yaitu guru, peserta didik, tujuan, bahan pelajaran, kegiatan pembelajaran, metode, alat/media, sumber pembelajaran, evaluasi, dan situasi/lingkungan. Kegiatan belajar mengajar Pembelajaran seni tari melewati 3 (tiga) langkah yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Kegiatan Pendahuluan di dalamnya terdapat kegiatan apersepsi. Kegiatan Inti di dalamnya terdapat Kegiatan Mengamati, Menanya, Mencoba, Menyimpulkan, dan Mengkomunikasikan hasil. Kegiatan Penutup di dalamnya terdapat evaluasi pembelajaran dan menyimpulkan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 2 Semarang melalui lima tahapan yaitu Mengamati, Menanya, Mencoba, Menyimpulkan, dan Mengkomunikasikan. Walaupun ada beberapa kendala yaitu kurangnya sikap aktif siswa dalam menerima pembelajaran. Saran yang dapat diberikan penulis adalah guru lebih menyesuaikan alokasi waktu, siswa harus lebih aktif lagi dalam kegiatan belajar mengajar, serta diadakannya tempat khusus untuk menari sehingga proses pembelajaran seni tari tidak terganggu oleh acara-acara sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendekatan Saintifik dan Pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 17 Jan 2018 12:30
Last Modified: 17 Jan 2018 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29206

Actions (login required)

View Item View Item