HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS ERLANGGA KABUPATEN JEPARA


Abdul Romafiq , 1401412144 (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS ERLANGGA KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412144.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (270kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan di SD Negeri di Gugus Erlangga Jepara diketahui bahwa hasil belajar PKn siswa kelas V ada sebanyak 60,7% siswa mendapat nilai di atas KKM dan hanya 39,3 % siswa mendapat nilai di bawah KKM. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V diketahui mayoritas orang tua cukup memperhatikan kegiatan belajar anak di rumah dan memberikan bimmbingan yang baik kepada anaknya. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut maka peneliti berasumsi bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn.Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah pola asuh yang diterapkan orang tua pada siswa Kelas V SD Negeri di Gugus Erlangga Kabupaten Jepara ? (2) Bagaimanakah hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri di Gugus Erlangga Kabupaten Jepara? (3) Bagaimanakah hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn siswa kelas V di Gugus Erlangga Kabupaten Jepara? Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Erlangga Kabupaten Jepara tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 152 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data pola asuh orang tua dan teknik tes untuk memperoleh data hasil belajar PKn. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi product moment dan regresi sederhana. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) pola asuh orang tua dikatakan bahwa sebanyak 86,84 % siswa dengan rata-rata 138,76 termasuk ketegori pola asuh otoritatif, (2) Hasil belajar dikatakan bahwa sebanyak 65,79 % siswa dengan rata-rata 76,66 termasuk dalam kategori sangat baik. (4) ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri di Gugus Erlangga Kabupaten Jepara. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri di Gugus Erlangga Kabupaten Jepara. Saran dalam penelitian adalah orang tua diharapkan dapat meningkatkan pola asuh otoritatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar PKn, pola asuh orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:25
Last Modified: 18 Jan 2018 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29205

Actions (login required)

View Item View Item