KEEFEKTIFAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SBK SISWA KELAS IV SD GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI


Wiwin Sutantinah , 1401412146 (2016) KEEFEKTIFAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SBK SISWA KELAS IV SD GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412146.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (286kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian, SBK merupakan mata pelajaran yang mengandung teori dan praktik, contohnya menyanyi. Tetapi kenyataan di sekolah pembelajaran menyanyi kurang diperhatikan guru, dan permasalahan semacam itu terjadi di SD Gugus Diponegoro Kabupaten Pati pada siswa kelas IV. Data pra penelitian menunjukkan hasil belajar rendah karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai, kurangnya pemberian contoh/pemodelan mengakibatkan penyampaian materi kurang jelas sehingga siswa kurang fokus, kurang aktif dan cepat merasa bosan. Sesuai permasalahan tersebut, upaya memperbaiki hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran menyanyi adalah dengan menerapkan metode demonstrasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah aktivitas siswa dan keefektifan metode demonstrasi pada pembelajaran SBK (menyanyi) siswa kelas IV SD Gugus Diponegoro Kabupaten Pati? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas siswa dan membuktikan keefektifan metode demonstrasi pada pembelajaran SBK (menyanyi) siswa kelas IV SD Gugus Diponegoro Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu 145 siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Pati, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling sehingga diperoleh sampel 21 siswa di SDN Sendangrejo sebagai kelas kontrol dan 21 siswa SDN Pakis 01 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan penggunaan metode demonstrasi yang dapat dilihat dari nilai hasil belajar dan aktivitas siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen 80,24 sedangkan kontrol 75,12, penghitungan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 20 menunjukkan nilai thitung (2,170) > ttabel (2,000) dan signifikansinya 0,036< 0,05, uji gain menunjukkan nilai gain kelas kontol 0,296292 (rendah) sedangkan kelas eksperimen 0,37828 (sedang). Selain itu, hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan peningkatan yaitu pertama 33,10%, kedua 45,95%, ketiga 52,74% dan keempat 54,05%. Simpulan penelitian ini adalah metode demonstrasi efektif digunakan pada pembelajaran menyanyi mata pelajaran SBK siswa kelas IV SD Gugus Diponegoro Kabupaten Pati. Saran bagi guru hendaknya dalam mengajar menggunakan metode pembelajaran yang sesuai materi. Siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran dan sekolah hendaknya melengkapi sarana prasarana sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, metode demonstrasi, hasil belajar, aktivitas siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:25
Last Modified: 18 Jan 2018 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29204

Actions (login required)

View Item View Item