PENGEMBANGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MATERI RAGAM HIAS BATIK KELAS IV SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG


Suryawan Murdeny , 1401412151 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MATERI RAGAM HIAS BATIK KELAS IV SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (481kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada guru dan siswa kelas IV SDN Tambakaji 04 terdapat permasalahan pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yaitu keterbatasan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Peserta didik merasa kesulitan dan kurang tertarik untuk belajar Seni Budaya dan Keterampilan, karena guru menerapkan pembelajaran konvensional, sehingga pelaksanaannya kurang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan, dilaksanakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan macromedia flash. Penelitian dalam rangka mengetahui bagaimana keefektifan media pembelajaran macromedia flash terhadap hasil belajar materi ragam hias batik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RnD) dengan metode pengembangan waterfall. Tahapan pengembangan meliputi Analisis, Desain, Implementasi, Uji coba, Perawatan. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Tambakaji 04 dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian dengan taraf signifikansi α = 5% atau 0,05. Perolehan harga ttabel sebesar 1,99 dan thitung sebesar 3,949. Adapun hasil perhitungan N-gain diperoleh sebesar 0,39 termasuk pada kriteria sedang. Kesimpulannya, media pembelajaran macromedia flash materi Ragam Hias Batik efektif dapat meningkatakan hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas IV SDN Tambakaji 04 Semarang. Saran penelitian ini yaitu media macromedia flash dapat dikembangkan pada mata pelajaran yang lainnya dengan mengembangkan berbagai konsep mata pelajaran yang akan dirancang didalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Batik, Macromedia Flash, Pengembangan Media Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:31
Last Modified: 18 Jan 2018 13:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29200

Actions (login required)

View Item View Item