PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MATERI MEMBUAT BATIK JUMPUT KELAS V SD LABSCHOOL UNNES


PRIA SANTOSA , 1401412152 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MATERI MEMBUAT BATIK JUMPUT KELAS V SD LABSCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412152.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (435kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas V SD Labschool UNNES pada kegiatan praktik membuat batik jumput, peserta didik masih belum kreatif dan terampil dalam menghasilkan ragam hias yang indah. Hasil belajar peserta didik masih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain yaitu rata-rata klasikalnya 66,36 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 73 pada pembelajaran membuat batik jumput. Berdasarkan data hasil penilaian unjuk kerja membuat batik jumput menunjukan bahwa 54% atau sebanyak 24 dari 47 peserta didik belum mencapai KKM, sedangkan sisanya 22 peserta didik (46%) nilainya mencapai KKM pada materi membuat batik jumput. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media buku saku SBK sebagai panduan peserta didik dalam membuat ragam hias batik jumput. Apakah buku saku SBK merupakan sebuah solusi atas indeks ketercapaian KKM?. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran buku saku SBK materi membuat batik jumput di kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk skala kecil, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Labschool UNNES. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis angket kebutuhan guru dan peserta didik, penilaian produk oleh tim ahli, hasil belajar peserta didik. Hasil Penelitian menunjukan: (1) buku saku SBK dapat digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas V SD Labschool UNNES ditunjukan dengan adanya gain sebesar 0,52 yang masuk dalam katagori sedang. (2) penilaian pakar ahli materi sebesar 98% (sangat layak) dan ahli media sebesar 95% (sangat layak), dan ahli bahasa 73% (layak), media yang dikembangkan mampu meningkatkan ketuntasan klasikal 46% menjadi 97%. (3) penggunaan media buku saku SBK merupakan solusi indeks ketercapaian KKM kelas V SD Labschool UNNES dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata klasikal dari 66,36 menjadi 83,98. Simpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, media pembelajaran buku saku SBK materi membuat batik jumput layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SD Labschool UNNES, dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran pada penelitian ini adalah guru dan sekolah dapat mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku saku SBK, batik jumput, pembelajaran SBK.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:26
Last Modified: 18 Jan 2018 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29199

Actions (login required)

View Item View Item