HUBUNGAN ANTARA PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS PUNTADEWA KOTA SEMARANG


Elisa Dian Laksono , 1401412158 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS PUNTADEWA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412158.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat berkelompok yang semakin tinggi menuntut anak untuk melakukan pergaulan dengan orang dari luar keluarganya, seperti dengan teman di lingkungan rumah maupun sekolah. Pergaulan dengan teman sebaya ini mengakibatkan siswa mudah terpengaruh.Apabila pergaulan siswa dengan teman sebaya mengarah pada hal positif misalnya belajar, maka akan ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang baik termasuk mata pelajaran PKn.Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan yang signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Gugus Puntadewa Kota Semarang?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Gugus Puntadewa Kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi penelitian ini sejumlah 285 siswa kelas IV SD Negeri Gugus Puntadewa Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan proportional random sampling sebanyak100 siswa. Teknik pengumpulan data dengan skala psikologi,pengamatan,wawancara dan dokumentasi. Analisis data awal menggunakan uji normalitas. Sedangkan data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat pergaulan teman sebaya siswa dalam kategori baik dengan persentase sebesar 41%.Sedangkan hasil belajar PKn siswa dalam kriteria cukup dengan persentase sebesar 31%. Sementra itu, hasil perhitungan analisis korelasi diperoleh Sig. (2- tailed) pada output corelations sebesar 0,000<0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Gugus Puntadewa Kota Semarang. Untuk interpretasi data dengan nilai korelasi sebesar 0,522 menunjukkan adanyakorelasi dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Gugus Puntadewa Kota Semarang.Saran penulis antara lain siswa diharapkan berusaha meningkatkan kualitas pergaulannya dengan pandai memilih teman bergaul, orang tua dimohon tidak lengah mengawasi pergaulan putraputrinya dan guru diharapkan lebih banyak melakukan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan bergaul yang baik pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajarPKn; pergaulan teman sebaya;siswa kelas IV.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:26
Last Modified: 18 Jan 2018 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29196

Actions (login required)

View Item View Item