HUBUNGAN ANTARA BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Mutia Pinachesti , 1401412164 (2016) HUBUNGAN ANTARA BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412164.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (394kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran matematika termasuk dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir kritis, kreatif, dan mandiri. Namun sebagian siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang memdapat hasil belajar matematika yang kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal tersebut terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah masih kurangnya keinginan dalam diri siswa untuk belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan belajar mandiri dengan hasil belajar matematika siswa dan seberapa kuat hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang berjumlah 223 siswa. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa. Pengambilan sampel sebesar 45% dari total populasi dengan teknik Propotional Random Sampling. Pengambilan data untuk variabel belajar mandiri (X) menggunakan skala belajar mandiri yang berisi 30 butir pernyataan dengan empat pilihan jawaban dan data hasil belajar matematika siswa (Y) menggunakan dokumen daftar nilai siswa. Kedua data tersebut dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, sedangkan untuk analisis data akhir untuk menguji hipotesis menggunakan product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat belajar mandiri siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 33%. Sedangkan hasl belajar matematika siswa juga berada pada kategori cukup dengan persentase 42%. Sementra itu, hasil perhitungan analisis korelasi diperoleh Sig. (2-tailed) pada output corelations sebesar 0,000<0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara belajar mandiri dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang. Untuk interpretasi data dengan nilai korelasi sebesar 0,635 menunjukkan adanya korelasi dalam kategori kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan belajar mandiri dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang dengan koefisien korelasi sebesar 0,635 pada kategori kuat. Saran peneliti antara lain guru dapat mengoptimalkan dan meningkatkan tingkat belajar mandiri siswa dan siswa diharapkan memiliki belajar mandiri yang tinggi agar dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal. Karena dengan belajar mandiri siswa lebih siap dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar mandiri, hasil belajar matematika, korelasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:26
Last Modified: 18 Jan 2018 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29195

Actions (login required)

View Item View Item