MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG


Faldino Yudha Fernanda , 1401412139 (2016) MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412139.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (315kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal peneliti diperoleh permasalahan pada pembelajaran IPS, sebagian besar guru sudah menerapkan pembelajaran kelompok. Namun dalam penerapannya masih banyak siswa yang kurang terlibat saat berdiskusi dan beberapa siswa cenderung mengandalkan teman sekelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Think Pair Share dan Group Investigation pada pembelajaran IPS materi permasalahan sosial di kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN Bringin 01 sebagai kelas kontrol dan siswa Kelas IV SDN Bringin 02 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain nonequevalent control group design dengan enam kelas populasi dan sampel 2 kelas yang berjumlah 70 siswa. Data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan metode tes dengan tes obyektif. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji z untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan uji t untuk hipoteis 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan model Think Pair Share dan siswa yang belajar dengan model Group Investigation. Perhitungan uji z pada hipotesis 1 zhitung lebih besar dari ztabel yaitu 1,78 > 1,64 yang artinya proporsi siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal lebih dari 75%. Perhitungan uji z pada hipotesis 2 zhitung lebih besar dari ztabel yaitu 1,870 > 1,64 yang artinya proporsi siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal lebih dari 75%. Selanjutnya hasil analisis uji t satu pihak pada hipotesis 3 untuk mengetahui keefektifan antara dua model yaitu thitung lebih besar dari ttabel (2,810 > 1,671), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain model pembelajaran Think Pair Share lebih efektif dari pada model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPS. Hasil itu didukung dengan peningkatan skor pre-test ke post-test melalui uji N-gain dan Gain. N-Gain kelas eksperimen (0,467) dan kelas kontrol (0,255), sedangkan Gain pada kelas eksperimen (16,382) dan kelas kontrol (10,847). Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share lebih efektif dari pada model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran Think Pair Share dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat dipilih guru untuk topik-topik tertentu dalam mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; Model Think Pair Share; Group Investigation; Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Jan 2018 17:43
Last Modified: 16 Jan 2018 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29192

Actions (login required)

View Item View Item