KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS ABIYASA KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG
Tri Wahyu Kristianingsih , 1401412135 (2016) KEEFEKTIFAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS ABIYASA KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (445kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah dasar hendaknya dimulai dari yang konkret ke abstrak, dari mudah ke sukar, dan dari sederhana ke rumit melalui kerja ilmiah, sehingga membantu siswa dalam memahami konsep pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode eksperimen dan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) keefektifan penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA; 2) keefektifan penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA; 3) metode eksperimen lebih efektif daripada penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Abiyasa Kaliwungu Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Terpilih SDN Rogomulyo 02 sebagai kelas eksperimen dan SDN Rogomulyo 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji perbedaan rata-rata dan uji Gain dan uji Gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) zhitung > ztabel (2,065591 > 1,64), artinya metode demonstrasi efektif terhadap hasil belajar IPA; 2) harga zhitung > ztabel (1,805788 > 1,64), artinya metode eksperimen efektif terhadap hasil belajar IPA; 3) harga thitung > ttabel (3,83807 > 1,671), artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang didukung dengan harga thitung > ttabel (3,42138 > 1,671) pada data gain dan harga thitung > ttabel (6,33505 > 1,671) pada data gain ternormalisasi yang menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen lebih efektif daripada metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) metode demonstrasi efektif terhadap hasil belajar IPA; 2) metode eksperimen efektif terhadap hasil belajar IPA; 3) metode eksperimen lebih efektif daripada metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA. Metode eksperimen diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat dipilih untuk topik-topik tertentu dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA; metode demonstrasi; metode eksperimen |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 17:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 17:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29188 |
Actions (login required)
View Item |