KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTU MEDIA MISTAR BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL


Cafita Yekti Wulandari , 1401412132 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTU MEDIA MISTAR BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412132.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (311kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Matematika merupakan salah satu bidang studi yang diberikan dari SD bahkan TK. Matematika memiliki peranan pening terbentuknya kemampuan bernalar, berpikir kritis dan logis dalam memecahkan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar masih menerapkan pembelajaran konvensional sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Model pembelajaran Quantum Teaching berbantu media Mistar Bilangan dapat menjadi alternatif yang dapat diterapkan pada mata pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model Quantum Teaching berbantu media Mistar Bilangan terhadap aktivitas dan hasil belajar materi penjumlahan bilangan bulat siswa kelas IV. Bentuk desain penelitian dari Quasi Experimental Design yang akan digunakan oleh peneliti yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kepandean 03 Kabupaten Tegal. Pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SDN Kepandean 03 Kabupaten Tegal sebagai kelas kontrol. Adapun uji coba instrumen dilakukan di kelas IV SDN Pagongan 01 Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Berdasarakan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan uji independent sample t test menunjukkan nilai thitung= 5.309, dan pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung= 3.860. Nilai thitung tersebut lebih besar dari nilai ttabel, 5.309>2.002 dan 3.860 >2.002, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji keefektifan melalui one sample t test pada aktivitas belajar siswa menunjukkan nilai thitung= 6.835, dan pada hasil belajar thitung= 6.488. Nilai thitung tersebut lebih besar dari nilai ttabel, 6.835>2.048 dan 6.488>2.048, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan pada penelitian ini yaitu model pembelajaran Quantum Teaching berbantu media Mistar Bilangan efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar Matematika materi penjumlahan bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Mistar Bilangan, bilangan bulat, aktivitas, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Jan 2018 17:45
Last Modified: 16 Jan 2018 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29185

Actions (login required)

View Item View Item