CARIYOS DAJAL UTAWI KADIS KAWANDASA, 1773 DALAM KAJIAN FILOLOGIS


Dandung Katon Wibowo, 2611412003 (2016) CARIYOS DAJAL UTAWI KADIS KAWANDASA, 1773 DALAM KAJIAN FILOLOGIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2611412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (250kB) | Preview

Abstract

Naskah Cariyos Dajal Utawi Kadis Kawandasa, 1773 merupakan salah satu naskah Jawa yang disimpan di Perpustakaan Museum Radyapustaka Surakarta. Naskah ini berbeda dengan naskah Jawa keagamaan pada umumnya, naskah ini berbentuk prosa yang ditulis dengan dua bahasa yakni bahasa Arab dan bahasa Jawa, namun keseluruhan isi naskah ditulis dengan aksara Jawa. Tujuan dari penelitian ini menyajikan teks Cariyos Dajal Utawi Kadis Kawandasa, 1773 mulai dari kodikologi, transliterasi, suntingan teks, dan terjemahan. Sumber data untuk penelitian ini merupakan naskah Cariyos Dajal Utawi Kadis Kawandasa, 1773. Naskah bernomor SMP RP-343 dengan tebal 46 halaman (45 hlm. Isi + 1 hlm. judul). Naskah Cariyos Dajal Utawi Kadis Kawandasa, 1773 termasuk dalam kategori naskah ajaran agama Islam, yang berisi tentang 40 hadits tanda kemunculan Dajal, kemunculan raja-raja kafir, turunnya Imam Mahdi, dan menceritakan kemunculan Dajal menjelang akhir zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode naskah tunggal edisi standar. Adapun terjemahan teks Cariyos Dajal Utawi Kadis Kawandasa, 1773 menggunakan terjemahan bebas, agar hasil terjemahan mudah dipahami oleh pembaca. Hasil penelitian ini berupa edisi teks yang sahih menurut kajian filologis. Terdapat aparat kritik dan terjemahan dalam bentuk bahasa Indonesia, namun tetap menyertakan bahasa Arab sebagai bahasa sumber dari hadits. Hasil penelitian ini diharapkan agar menjadi sumber data penelitian pada bidang ilmu lain yang berhubungan dengan teks Cariyos Dajal Utawi Kadis Kawandasa, 1773.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Filologi, Naskah Jawa, Cariyos Dajal, Suntingan teks
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2018 13:19
Last Modified: 16 Jan 2018 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29178

Actions (login required)

View Item View Item