SERAT CANDRARINI KARYA R. Ng. RANGGAWARSITA DALAM MODEL TATA SASTRA TODOROV


Oktarati Nurul Faidah, 2601411105 (2016) SERAT CANDRARINI KARYA R. Ng. RANGGAWARSITA DALAM MODEL TATA SASTRA TODOROV. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (491kB) | Preview

Abstract

Serat Candrarini merupakan karya sastra Jawa pada abad ke-19 yang ditulis pada masa pemerintahan Sri Susuhan Pakubuwana IX, tepatnya pada tanggal 7 bulan Jumadilakir tahun 1792 dalam penanggalan Jawa. Karya sastra ini ditulis dalam bentuk tembang macapat. Serat Candrarini ini diduga sarat akan makna di dalamnya, karena karya sastra pada jaman keraton kebanyakan adalah sastra etik didaktik. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah struktur sintaksis serat Candrarini karya R. Ng. Ranggawarsita? (2) Bagaimanakah struktur semantik serat Candrarini karya R. Ng. Ranggawarsita? dan (3) Bagaimanakah struktur verbal serat Candrarini karya R. Ng. Ranggawarsita? Teori yang dipakai sebagai alat bantu untuk membedah serat Candrarini adalah teori semiotik model Todorov. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis struktural semotik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa serat Candrarini merupakan nasihat dari Sri Susuhunan Pakubuwono IX yang ditujukan kepada wanita dalam rangka membina rumah tangga. Serat Candrarini berbentuk tembang macapat yang terdiri dari 5 pupuh tembang dan menggunakan bahasa Jawa sebagai media penyampaiannya. Esensi serat Candrarini serat Candrarini yaitu berupa ajaran kepada para wanita dalam menjalani kehidupan rumah tangga yang diibaratkan seperti kelima istri tokoh Arjuna. Ajaran-ajaran yang disampaikan yaitu bahwa wanita itu harus : 1) dapat merawat diri, 2) bertingkah laku baik, 3) patuh pada suami, 4) bertutur kata yang baik, 5) tidak sombong, 6) berwibawa, 7) pengertian, 8) gemar membaca, dan 9) berbakti pada mertua. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar nasihat berupa ajaran dalam serat Candrarini dapat bermanfaat dan menjadi teladan bagi para wanita khusunya, dan masyarakat luas umumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aspek verbal, sintaksis, dan semantik.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 16 Jan 2018 13:12
Last Modified: 16 Jan 2018 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29176

Actions (login required)

View Item View Item