PENGEMBANGAN MANGA DENGAN MEMANFAATKAN SERAT WEDHATAMA SEBAGAI MATERI MEMBACA TEKS DIALOG UNTUK SISWA SMA DI KABUPATEN SEMARANG
Dani Ardiyawan , 2601411099 (2015) PENGEMBANGAN MANGA DENGAN MEMANFAATKAN SERAT WEDHATAMA SEBAGAI MATERI MEMBACA TEKS DIALOG UNTUK SISWA SMA DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (605kB) | Preview |
Abstract
Membaca teks dialog dianggap sebagai materi yang paling diminati siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Sayangnya, materi tersebut belum kontekstual dan sesuai kebutuhan siswa. Tampilan serta sumber materi juga belum memadai. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, serat Wedhatama dinilai tepat dijadikan sumber materi. Bahasa dalam serat Wedhatama sulit dipahami, sehingga dibuat menjadi bacaan manga. Manga merupakan bacaan yang diminati siswa SMA. Melalui manga tersebut, siswa tidak hanya belajar membaca teks dialog, namun juga mendapatkan pengayaan berupa pesan dari serat Wedhatama. Pengembangan manga sebagai materi membaca teks dialog untuk siswa SMA di Kabupaten Semarang didasarkan pada rumusan masalah (1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru SMA di Kabupaten Semarang terhadap manga sebagai materi membaca teks dialog, dan (2) bagaimana prototipe manga serta validasi prototipe manga yang akan dijadikan sebagai materi membaca teks dialog dengan memanfaatkan serat Wedhatama untuk siswa SMA di Kabupaten Semarang. Pengembangan manga sebagai materi membaca teks dialog bahasa Jawa belum pernah dilakukan. Landasan teori penelitian ini adalah (1) hakekat materi pembelajaran, (2) pengertian manga, (3) Jenis-jenis manga, (4) prinsip desain manga untuk pembelajaran, (5) serat Wedhatama, (6) pembelajaran membaca teks dialog, dan (7) kerangka berfikir. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Tahapannya terdiri atas (1) tahap pengumpulan informasi, (2) analisis kebutuhan, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) tahap perbaikan. Sumber data berasal dari siswa kelas XII dan guru bahasa Jawa SMA di Kabupaten Semarang. Sumber materi untuk manga adalah teks tembang macapat dari serat Wedhatama. Teknik pengambilan data terdiri atas wawancara, observasi, dan angket kebutuhan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari analisis data diketahui bahwa pengembangan materi membaca teks dialog sangat dibutuhkan. Hasil penelitian ini berupa manga sebagai materi membaca teks dialog untuk siswa SMA di Kabupaten Semarang. Manga terdiri atas 42 halaman dengan empat chapter. Manga telah dinilai oleh para ahli. Ahli yang menilai terdiri atas ahli materi, ahli media, dan pengguna. Terdapat bagian manga yang harus diperbaiki yaitu bagian sampul, karakter, dan kebahasaan. Manga ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan siswa dan guru bahasa Jawa di Kabupaten Semarang terhadap materi membaca teks dialog.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca teks dialog, materi, serat Wedhatama. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 12:41 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 12:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29175 |
Actions (login required)
View Item |