PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DABIN I KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN


Nani Sundari , 1401412491 (2016) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DABIN I KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412491.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (323kB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar merupakan nilai akhir dari suatu proses pembelajaran dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Hasil belajar dipengaruhi antara lain oleh faktor siswa itu sendiri dan faktor lingkungan. Faktor siswa antara lain kemampuan berpikir, motivasi, minat, dan sebagainya. Faktor lingkungan antara lain sarana dan prasarana, kompetensi guru, kreativitas guru, keluarga, metode, dan sebagainya. Pengelolaan kelas dan fasilitas belajar merupakan faktor lingkungan yang memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Dabin I Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen sebanyak 255 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Penentuan banyak sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 149 siswa. Penelitian ini menggunakann metode penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Semua penghitungan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar dengan sumbangan pengaruh 10,5%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 8,1%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 17,6%. Guru diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan kelas di kelasnya, dengan melihat semua komponen yang ada di kelas. Pihak sekolah juga diharapkan dapat menyediakan fasilitas belajar yang memadai bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas belajar, Hasil belajar, Pengelolaan, kelas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:40
Last Modified: 19 Jan 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29174

Actions (login required)

View Item View Item