HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI PURWOYOSO 06 SEMARANG


Desi Rahmawati , 1401412490 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI PURWOYOSO 06 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412490.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (353kB) | Preview

Abstract

Kemandirian memiliki peran sangat penting yang memungkinkan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran aktif dan kreatif. Berdasarkan pra penelitian melalui observasi dan data dokumen diketahui bahwa kemandirian belajar siswa SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang masih kurang dan hasil belajarnya belum optimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang. Tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang dengan jumlah 109 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionated Stratified Random Sampling, sehingga sampel pada penelitian berjumlah 85 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar serta dokumentasi hasil belajar. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian uji statistik deskriptif pada kemandirian belajar menunjukkan bahwa rerata skor kemandirian belajar adalah 102,18 dengan persentase 45,88% dalam kategori tinggi, hasil belajar menunjukkan rerata 64,78 dengan persentase 68,24% dalam kategori cukup, dan hasil uji hipotesis diperoleh rhitung sebesar 0,560 lebih besar dari rtabel 0,213 (0,560 > 0,213) yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima berarti ada hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan hasil yang signifikan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang” dapat diterima. Saran yang dapat dijadikan masukan yaitu untuk meningkatkan kemandirian belajar disarankan untuk memberikan latihan-latihan kemandirian secara terus menerus sejak dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Hasil Belajar, Sekolah Dasar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:40
Last Modified: 19 Jan 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29172

Actions (login required)

View Item View Item