FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra Kerajinan Seni Relief/Ukiran Kabupaten Jepara)


DIAH SETYOWATI , 7250406570 (2011) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra Kerajinan Seni Relief/Ukiran Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra Kerajinan Seni Relief/Ukiran Kabupaten Jepara)]
Preview
PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS INFORMASI AKUNTANSI (Studi pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra Kerajinan Seni Relief/Ukiran Kabupaten Jepara)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha, Umur Perusahaan, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman dalam Informasi Akuntansi. Informasi akuntansi diharapkan dapat dilaksanakan dalam berbagai organisasi karena semakin rumitnya variabel-variabel yang dihadapi termasuk dalam perusahaan kecil sekalipun. Namun diperkirakan dari seluruh UMKM di Indonesia hanya 5% yang menyelenggarkan dan menggunakan informasi akuntansi dalam pengelolaan usahanya. Tidak adanya penyelenggaraan dan penggunaan informasi akuntansi dalam pengelolaan UKM, pada dasarnya ditentukan oleh persepsi atas informasi akuntansi para pengusaha kecil dan menengah yang bertindak sebagai pembuat keputusan. Berdasar hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh skala usaha, umur perusahaan, pengetahuan akuntansi, dan pengalaman dalam informasi akuntansi terhadap persepsi pengusaha kecil dan menengah atas Informasi di Sentra Kerajinan Seni Relief/Ukiran Kabupaten Jepara . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha kecil dan menengah di Sentra Kerajinan Seni Relief/Ukiran Kab.Jepara yang terdaftar di Dinas Koperasi, UKM dan Pengelolaan Pasar Kab.Jepara tahun 2009 yang berjumlah 36 pengusaha. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei lapangan menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan α 0.05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pengusaha kecil dan menengah di Sentra Kerajinan Seni Relief/Ukiran Kabupaten Jepara memiliki persepsi yang netral atas informasi akuntansi. Berdasarkan hasil uji regresi berganda, secara simultan diperoleh nilai sig. 0.000 < α 0.05 dan secara parsial di peroleh nilai sig. skala usaha 0.195 > α 0.05, nilai sig. umur perusahaan 0.746 > α 0.05, nilai sig. pengetahuan akuntansi 0.003 < α 0.05, dan nilai sig. pengalaman dalam informasi akuntansi 0.000 < α 0,05. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel skala usaha, umur perusahaan, pengetahuan akuntansi, dan pengalaman dalam informasi akuntansi berpengaruh terhadap persepsi pengusaha kecil dan menengah atas informasi akuntansi, dan secara parsial hanya variabel pengetahuan akuntansi dan pengalaman dalam informasi akuntansi yang berpengaruh terhadap persepsi pengusaha kecil dan menengah atas informasi akuntansi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu agar pihak-pihak yang terkait dengan pengembangan dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah di Kabupaten Jepara dapat memberikan pelatihan akuntansi pada para pengusaha kecil dan menengah di Kabupaten Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Usaha Kecil dan Menengah, Informasi Akuntansi, Persepsi, Skala
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2011 01:14
Last Modified: 25 Apr 2015 04:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item View Item