PENGARUH POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MEKARJAYA 11 KOTA DEPOK


Lely Medyawati, 1401412483 (2016) PENGARUH POLA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MEKARJAYA 11 KOTA DEPOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412483.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (315kB) | Preview

Abstract

Keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar merupakan hal yang penting. Keaktifan siswa dalam pembelajaran bisa dijadikan tolok ukur kemampuan siswa memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru. Hasil dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dilihat melalui prestasi belajar yang diperoleh siswa. Prestasi belajar diukur melalui tiga aspek yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Keaktifan siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Salah satu faktor ekstern yaitu relasi guru dan siswa yang terwujud melalui pola komunikasi guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis: (1) pengaruh pola komunikasi guru dan siswa terhadap keaktifan; (2) pengaruh pola komunikasi guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa; (3) korelasi keaktifan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mekarjaya 11 Kota Depok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mekarjaya 11 Kota Depok sebanyak 151 dengan sampel 107 siswa yang diperoleh melalui teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan jawaban skala Likert. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan validitas isi yang diperoleh melalui judgment ahli dan validitas butir dihitung dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola komunikasi guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Mekarjaya 11 Kota Depok. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,576 dan koefisien determinan sebesar 0,332 yang artinya pola komunikasi memberi pengaruh sebesar 33,2% terhadap keaktifan belajar siswa; (2) tidak ada pengaruh signifikan antara pola komunikasi guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mekarjaya 11 Kota Depok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,118 dan koefisien determinasi sebesar 0,035 yang artinya pola komunikasi guru dan siswa hanya menyumbang 3,5% terhadap prestasi belajar siswa; (3) terdapat hubungan positif antara keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mekarjaya 11 Kota Depok. Hal ini ditunjukkan oleh nilai korelasi antara keaktifan belajar dan prestasi belajar sebesar 0,207. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kemampuan guru menciptakan komunikasi yang baik dapat membuat siswa menjadi lebih aktif mengikuti pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Pola Komunikasi, Prestasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Jan 2018 18:56
Last Modified: 18 Jan 2018 18:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29169

Actions (login required)

View Item View Item