HUBUNGAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 05 PECANGAAN WETAN KABUPATEN JEPARA
Erma Yafi, 1401412482 (2016) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 05 PECANGAAN WETAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (403kB) | Preview |
Abstract
Keaktifan bertanya merupakan bentuk pengajaran berupa saling tukar pendapat antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Berdasarkan data observasi, wawancara dan data dokumen diketahui bahwa sebagian siswa aktif bertanya memperoleh hasil belajar tinggi dan sebagian siswa tidak aktif bertanya tetapi memperoleh hasil belajar tinggi. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar di SD Negeri 05 Pecangaan Wetan Kabupaten Jepara. Tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 05 Pecangaan Wetan Kabupaten Jepara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu keaktifan bertanya (variabel bebas) dan hasil belajar (variabel terikat). Populasi penelitian ini adalah 181 siswa SD Negeri 05 Pecangaan Wetan Kabupaten Jepara dengan Sampel 69 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportionate Stratefied Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumen. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil uji statistik deskriptif pada keaktifan bertanya menunjukkan rerata 86,86 dengan persentase 58% sebanyak 40 siswa termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil uji statistik deskriptif hasil belajar siswa menunjukkan rerata 74 dengan persentase 62% sebanyak 43 siswa termasuk dalam kategori sedang. Pengujian hipotesis koefisien korelasi keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar dengan taraf signifikan 5% diperoleh ݎ௧ = 0,235 dan ݎ௧௨ = 0,582. Berdasarkan uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa ݎ௧௨� > ݎ௧� . koefisien korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan positif antara keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 05 Pecangaan Wetan Kabupaten Jepara. Korelasi dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar di SD Negeri 05 Pecangaan Wetan Kabupaten Jepara. Oleh karena itu hendaknya guru dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan keaktifan bertanya dan perlu adanya perubahan tingkah laku yang mencangkup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan bertanya, hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 18:55 |
Last Modified: | 18 Jan 2018 18:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29168 |
Actions (login required)
View Item |