RELIGIUSITAS NOVEL PRAWAN AFIDAH KARYA TAMSIR AS


Meinar Tiara Rahayu , 2601411096 (2016) RELIGIUSITAS NOVEL PRAWAN AFIDAH KARYA TAMSIR AS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (439kB) | Preview

Abstract

Novel merupakan karya sastra yang pada umumnya mengandung berbagai nilai terutama religiusitas. Religiusitas tersebut antara tercermin lewat perilaku para tokoh serta tindakan yang mereka lakukan ketika menghadapi persoalanpersoalan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan religiusitas yang ada dalam novel Prawan Afidah karya Tamsir AS. Religiusitas tersebut dapat diungkap melalui unsur tokoh sebagai unsur intrinsik pembangun dalam novel Prawan Afidah karya Tamsir AS. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif dengan memusatkan perhatian pada unsur-unsur karya sastra. Data pada penelitian ini adalah religiusitas yang terdapat dalam unsur tokoh novel cekak Prawan Afidah. Adapun sumber data penelitian ini adalah novel cekak Prawan Afidah Kumpulan karya sastrane Tamsir AS yang diterbitkan oleh penerbit Paramarta Jawa Timur tahun 2014 dengan ketebalan 37 halaman. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik baca dan catat-analisis. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis struktural dengan metode karakterisasi. Hasil penelitian ini adalah penokohan dan religiusitas dalam novel Prawan Afidah. Penokohan digunakan untuk mengidentifikasi hal-hal pokok sekaligus religiusitas dalam cerita. Sebelum menganalisis tokoh, diberikan sinopsis dan fungsi utama. Ada 17 tokoh terdapat dalam novel Prawan Afidah yaitu Mochsan, Afidah, Ibu Mochsan, Irsad, Pak Kaji Abubakar, Ibu Abubakar, Ridwan, Sofwan, Mundir, Umar, Sayuti, Jamil, Rohmat, Gofar, Perawat, Dokter, Pak Polisi. Dari penelitian ini di dapat religiusitas yang terkandung dalam novel Prawan Afidah yakni religiusitas otentik (langsung) dan religiusitas agamis (tak langsung). Religiusitas otentik yaitu keimanan, ikhlas, kesabaran, tolong menolong, hormat, berbakti padaorang tua, taat pada Tuhan, tanggung jawab, berbakti pada suami. Religiusitas agamis yaitu sembahyang solat dan berdzikir. Saran penelitian ini adalah novel bukan hanya sebagai bacaan semata, namun harus ada unsur pendidikan atau nilai-nilai lain yang terkandung di dalamnya sehingga dapat bermanfaat untuk para pembaca dan dapat digunakan sebagai bahan ajar sesuai kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, novel, Prawan Afidah.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:25
Last Modified: 15 Jan 2018 18:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29167

Actions (login required)

View Item View Item