KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA PATI


Ria Pujianasari , 1401412117 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412117.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (409kB) | Preview

Abstract

Data awal hasil belajar IPA kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika belum maksimal. Penyebabnya adalah pembelajaran di kelas sudah menggunakan pembelajaran kooperatif, tetapi model pembelajarannya belum terstruktur. Selain itu, kesempatan siswa untuk berdiskusi belum maksimal, siswa cenderung individualis. Bahan ajar yang digunakan guru Lembar Kerja Siswa dan sesekali baru menggunakan buku paket. Model pembelajaran jigsaw dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat, lebih aktif, dapat berlatih belajar mandiri, bertanggungjawab, berani, percaya diri dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran dan mengolah informasi yang didapat serta dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi, sehingga hasil belajar IPA dapat meningkat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran jigsaw lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Pati. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Pati. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Pati. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih SD Negeri Soneyan 03 sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri Soneyan 01 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 77,88, sedangkan kelas kontrol 70,75. Hasil uji t menunjukkan thitung sebesar 7,7583, sedangkan ttabel sebesar 2,07. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Pati. Diharapkan dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran IPA dapat memotivasi guru, siswa, sekolah, dan peneliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Jigsaw
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:54
Last Modified: 15 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29166

Actions (login required)

View Item View Item