KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN FATAH DEMAK


MAYASARI , 1401412118 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN FATAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (204kB) | Preview

Abstract

Pendidikan IPA di SD hendaknya membantu siswa mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban serta mengembangkan cara berfikir ilmiah. Data awal menunjukkan hasil belajar IPA kelas V SDN Gugus Sultan Fatah Demak belum maksimal. Faktor penyebabnya adalah (1) pembelajaran bersifat satu arah. (2) selama proses pembelajaran sudah terdapat diskusi kelompok, namun belum terformat dalam model pembelajaran tertentu yang inovatif, (3) susunan rencana pembelajaran sudah terformat, namun belum menggunakan sintak tertentu, (4) kegiatan diskusi baik kelas maupun kelompok belum dapat berjalan dengan optimal,(5) siswa belum diberikan dorongan untuk berpikir secara kritis dan menemukan pengetahuan secara mandiri, (6) selain itu adanya keterbatasan media yang digunakan guru dalam pembelajaran Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah model pembelajaran NHT lebih efektif daripada ceramah (diskusi dan Tanya jawab) terhadap hasil belajar IPA materi Pengaruh Pembentukan Tanah pada siswa kelas V SDN Gugus Sultan Fatah demak?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar IPA materi Pembentukan tanah pada siswa kelas V SDN Gugus Sultan Fatah Demak. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Sultan Fatah Demak. Sementara sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih SD Negeri Jatirogo sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri Serangan 02 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 76,16 sedangkan kelas kontrol 68,13. Hasil uji t menunjukkan thitung sebesar 10,79 sedangkan ttabel sebesar 2,04. Karena thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan di antara kedua kelompok tersebut. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran NHT lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi pembentukan tanah pada siswa kelas V SDN Gugus Sultan Fatah Demak. Saran penelitian ini adalah Guru sebaiknya menerapkan model kooperatif NHT sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran NHT
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:54
Last Modified: 15 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29164

Actions (login required)

View Item View Item