KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SDN GUGUS LOKANTARA TEMANGGUNG


Eka Rahmadiyanti , 1401412122 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SDN GUGUS LOKANTARA TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412122.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas V SDN gugus Lokantara Temanggung belum optimal. Dalam pembelajaran sesekali guru memberikan tanya jawab kepada siswa namun siswa belum menunjukkan ketertarikan kepada pertanyaanpertanyaan yang diajukan guru. Dalam pembelajaran siswa juga cenderung individualis. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang berlangsung belum menggunakan pembelajaran inovatif yang terencana. dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division siswa dapat berlatih bekerjasama, aktif dan kreatif. Selain kerja sama dalam kelompok, siswa juga dituntut untuk dapat berfikir mandiri dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah model Student Teams Achievement Division lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi Struktur Bumi pada siswa kelas V SDN Gugus Lokantara Temanggung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar IPA materi Struktur Bumi pada siswa kelas V SDN gugus Lokantara Temanggung Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Lokantara Temanggung. Sementara sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih SDN Manding sebagai kelompok eksperimen dan SDN Kebonsari sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Lokantara Temanggung pada mata pelajaran IPA. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 87,50 , sedangkan kelas kontrol 75,63. Hasil uji t menunjukkan thitung sebesar 14,4788, sedangkan ttabel sebesar 2,10. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan di antara kedua kelompok tersebut. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) efektif terhadap hasil belajar IPA materi struktur bumi siswa kelas V SDN Gugus Lokantara Temanggung. Peneliti memberikan saran agar nantinya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat diterapkan secara optimal dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan; Student Teams Achievement Division (STAD); Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:54
Last Modified: 15 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29162

Actions (login required)

View Item View Item