PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SDN DI KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG
Nanda Septiani Eka Puteri , 1401412123 (2016) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SDN DI KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (365kB) | Preview |
Abstract
Tingkat pendidikan merupakan hasil atau prestasi yang dicapai oleh seseorang dan usaha lembaga-lembaga dalam mencapai tujuan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan membutuhkan pemimpin yang profesional untuk meningkatkan mutu sekolahnya. Oleh karena itu, kepala sekolah harus mempunyai banyak pengalaman kerja untuk menjalankan tugas. Kinerja dari masing-masing kepala sekolah pasti memiliki perbedaan, seperti halnya kinerja kepala SDN di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja kepala sekolah dasar, (2) pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja kepala sekolah dasar, (3) pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja kepala sekolah dasar, (4) pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja kepala sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dasar yang berjumlah 25 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian expos facto dengan jenis pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian meliputi kinerja kepala sekolah sebagai variabel bebas, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket dengan menggunakan skala likert 4. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan One Sample Kolmogorov- Smirnov dan uji liniearitas. Semua penghitungan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja kepala sekolah yang ditunjukkan oleh nilai R square pada koefisien determinasi (R2) 22,1%.F hitung> F tabel (5.440> 3.443) dan signifikansi < 0,05 (0,048 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata analisis indeks variabel kinerja kepala sekolah diperoleh sebesar 80,70% sehingga termasuk kategori kuat. Artinya, kinerja seluruh kepala SDN di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang yang dimiliki sudah baik. Variabel tingkat pendidikan memberikan sumbangan pengaruh sebesar 3,9%. Variabel pengalaman kerja memberikan sumbangan pengaruh sebesar 20,9% terhadap kinerja kepala sekolah dasar. Sedangkan 77,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Kepala sekolah hendaknya meningkatkan jenjang pendidikan dan kompetensi kewirausahaan sehingga kinerjanya semakin baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tingkat pendidikan; pengalaman kerja; kinerja kepala sekolah dasar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 18:54 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 18:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29161 |
Actions (login required)
View Item |