KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK KELAS IV SDN GUGUS DR. SOETOMO BATANG


Eftiane Festi Cita , 1401412125 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK KELAS IV SDN GUGUS DR. SOETOMO BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412125.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (322kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Batang cenderung memaksimalkan peran guru dan meminimalkan peran siswa. Pembelajaran yang berpusat pada guru membuat siswa bosan dan kurang tertarik, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna dan berdampak pada hasil belajar yang tidak optimal. Pembelajaran dengan model make a match melibatkan siswa sepenuhnya karena guru di sini berlaku sebagai pembimbing jalannya diskusi dalam mencocokkan jawaban siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah model pembelajaran Make A Match lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik pada siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Batang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPA materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik pada siswa kelas IV SDN gugus Dr. Soetomo Batang. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Batang. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, SDN Wonobodro 01 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Bawang sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat, variabel bebasnya adalah model make a match, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA materi pengaruh perubahan lingkungan fisik. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan dianalisis dengan uji gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model make a match lebih efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Batang pada mata pelajaran IPA. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,53 dan kelas kontrol sebesar 74,54. Hal ini menunjukkan skor gain kelas eksperimen sebesar 0,76 (tinggi) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,45 (sedang). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu nilai thitung =2,577 dan nilai ttabel =1,675, maka 2,577 > 1,675. Nilai signifikansi bernilai < 0,05 yaitu sebesar 0,013.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa penerapan model make a match terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Guru diharapkan menerapkan model kooperatif teknik make a match sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model make a match, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:54
Last Modified: 15 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29160

Actions (login required)

View Item View Item