PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ANALOGI (THE TEACHING WITH ANALOGY MODEL) POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP TEUKU UMAR KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011


Amalia Nurdiani , 4201406022 (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ANALOGI (THE TEACHING WITH ANALOGY MODEL) POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP TEUKU UMAR KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ANALOGI (THE TEACHING WITH ANALOGY MODEL) POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP TEUKU UMAR KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ANALOGI (THE TEACHING WITH ANALOGY MODEL) POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP TEUKU UMAR KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada konsep listrik dinamis yang dilakukan oleh guru tidak selalu menghasilkan pemahaman yang baik pada siswa. Konsep listrik dinamis adalah konsep yang bersifat abstrak sehingga diperlukan alat untuk menjembatani agar konsep yang bersifat abstrak dapat dipahami oleh siswa dengan baik. Semua pengetahuan dan pengalaman baru akan sulit dipahami jika tidak dikaitkan dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah ada, dibutuhkan sebuah alat untuk memudahkan transfer pemahaman. Analogi dipercaya dapat membantu memvisualisasikan konsep abstrak dengan membandingkan kesamaan hal yang dikenal siswa dengan konsep baru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran (The Teaching with Analogy Model)TWA dapat meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan menerapkan model pembelajaran TWA pokok bahasan listrik dinamis di kelas X SMP Teuku Umar Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK dengan objek penelitian yaitu kelas IX SMP Teuku Umar. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Materi siklus I adalah arus listrik, hukum Ohm dan hambatan pada kawat penghantar. Materi siklus I adalah materi rangkaian hambatan secara seri dan hukum I Kirchhoff dan rangkaian hambatan secara paralel. Pemahaman analogi dan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan antar siklus. Hasil uji gain diperoleh untuk peningkatan pemahaman kognitif sebesar 0,55 yang menunjukkan bahwa peningkatannya sedang. Sedangkan pemahaman analogi rata-rata meningkat dari kurang paham menjadi paham. Peningkatan pemahaman analogi berpengaruh terhadap pemahaman kognitif siswa. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa pokok bahasan listrik dinamis dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran (TWA) disertai mengoptimalkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan cara memotivasi siswa untuk lebih aktif melalui pemberian reward dan penguatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: The Teaching With Analogy Model, Analogi, Listrik dinamis, Pemahaman siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2011 01:00
Last Modified: 25 Apr 2015 04:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item View Item