KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM DAN DAMPAKNYA SISWA KELAS V SDN GUGUS PLANGKAWATI SEMARANG


Vivi Indah Permatasari , 1401412128 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM DAN DAMPAKNYA SISWA KELAS V SDN GUGUS PLANGKAWATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412128.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (339kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Gugus Plangkawati Semarang ditemukan beberapa masalah: siswa kurang dapat memecahkan masalah yang guru berikan, siswa kurang diberi kesempatan untuk berpikir secara kritis, sehingga menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa menjadi kurang optimal. Ceramah dengan tanya jawab dan diskusi masih mendominasi. Siswa kurang aktif dalam bertanya, kurang berani mengemukakan pendapatnya. Hal ini menyebabkan masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM dan hasil belajar IPA menjadi rendah. Rumusan masalah penelitian adalah apakah model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V SDN Gugus Plangkawati Semarang?. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA materi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V SDN Gugus Plangkawati Semarang. Desain penelitian eksperimen ini nonequivalent control group. Sampel penelitian adalah 40 siswa kelas V SDN Pudakpayung 01sebagai kelompok eksperimen dan 43 siswa kelas V SDN Pudakpayung 02 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakanuji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda dan uji taraf kesukaran. Uji Liliefors untuk normalitas data, uji Barlett untuk homogenitas populasi, kesamaan dua varian untuk uji homogenitas sampel, uji t untuk perbedaan rerata hasil pretest dan posttest serta uji gain untuk peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (19,1104) > ttabel (2,02), sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 84,05 lebih besar dari pada rata-rata posttest kelompok kontrol yaitu 71,65. Peningkatan keefektifan model pembelajaranProblem Based Learning dengan uji gain sebesar 0,59 termasuk kategori sedang dan ceramah dengan variasi tanya jawab dan diskusi sebesar 0,28 termasuk kategori rendah. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus Plangkawati Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:54
Last Modified: 15 Jan 2018 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29158

Actions (login required)

View Item View Item