KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN PONCOL 01 PEKALONGAN


Indriyana Saputri , 1401412481 (2016) KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN PONCOL 01 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412481.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (518kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertujuan meningkatkan kesadaran dan wawasan akan status, hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berdasarkan pra penelitian di kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan diperoleh informasi bahwa pembelajaran PKn dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab, siswa cenderung pasif dan hasil belajar siswa kurang optimal. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah metode role playing lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama dan bagaimanakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama dengan metode role playing di kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode role playing dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama dengan metode role playing di kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol prates-pascates berpasangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan dengan sampel 24 siswa kelas VA (kelas kontrol) dan 24 siswa kelas VB (kelas eksperimen). Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan teknik tes dan nontes dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest, serta lembar observasi. Analisis data tes hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t polled varians menunjukkan bahwa (1) harga thitung 8,146 > ttabel 2,021 yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol, (2) n-gain kelas kontrol bernilai 0,241 (rendah) dan n-gain kelas eksperimen bernilai 0,640 (sedang) menunjukkan bahwa penerapan metode role playing berpengaruh positif pada peningkatan hasil belajar siswa. Pengamatan aktivitas belajar siswa dengan lembar observasi menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 79% lebih tinggi dibandingkan aktivitas belajar siswa kelas kontrol yaitu 59%. Simpulan penelitian ini yaitu metode role playing efektif diterapkan pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan didukung dengan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang cenderung lebih baik. Saran yang disampaikan yaitu dalam menerapkan metode role playing, guru hendaknya memilih tema yang sesuai materi ajar dan dekat dengan kehidupan ix siswa sehingga siswa mudah untuk memahami dan mengaitkannya dengan materi ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, role playing, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:41
Last Modified: 19 Jan 2018 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29156

Actions (login required)

View Item View Item