KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN BOJONG SALAMAN 02


Edy Kurniawan, 1401412480 (2016) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN BOJONG SALAMAN 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412480.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (295kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode Cooperative Integrated Reading and Composition lebih efektif dibandingkan metode pemberian tugas terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Bojong Salaman 02?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Bojong Salaman 02. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Nonprobability Sampling. Subjek penelitian sejumlah 59 siswa, yaitu kelas kontrol 29 siswa dan kelas eksperimen 30 siswa. Variabel terikat terdiri atas hasil belajar siswa (keterampilan membaca pemahaman). Variabel bebasnya adalah metode pembelajaran CIRC. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji One Way Anova untuk mengetahui perbedaan antar sel, pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CIRC lebih efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Bojong Salaman 02 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen sebesar 79,73 dan mean posttest kelompok kontrol sebesar 73,93. Hal ini menunjukkan indeks gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,33 (sedang) sedangkan <g> kelompok kontrol sebesar 0,17 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai dan thitung (4,465) > ttabel (2,002) berarti bahwa metode CIRC lebih efektif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia dan nilai Nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran yang disampaikan pada guru perlu adanya variasi dalam mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan tepat sesuai dengan materi yang disampaikan agar siswa antusias sehingga tujuan dari pelaksanaan pembelajaran dapat tercapai. Untuk siswa hendaknya selalu aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dan terus mengembangkan pemahamannya dengan membangun sendiri pengetahuan melalui pengalaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, membaca pemahaman, metode CIRC
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:44
Last Modified: 19 Jan 2018 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29155

Actions (login required)

View Item View Item