PENGARUH MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MEDONO 07 DAN SDN TEGALREJO KOTA PEKALONGAN


M. Gilang Apriyanto, 1401412479 (2016) PENGARUH MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MEDONO 07 DAN SDN TEGALREJO KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412479.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (679kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Medono 07 Pekalongan, dalam pembelajaran IPA di kelas IV metode pembelajarannya masih kurang bervariasi, hanya menggunakan metode ceramah yang konvensional. Hanya terpusat pada guru dan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Penerapan model Team Game Tournament dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan lebih semangat juga antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran yang diarahkan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model Team Game Tournament pada pembelajaran IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Medono 07 dan SDN Tegalrejo?”. Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui pengaruh model Team Game Tournament pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Medono 07 dan SDN Tegalrejo.” Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi-eksperimen dengan desain penelitian non-randomized pretest-postest control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari 31 siswa kelas IV SDN Tegalrejo (kelas kontrol) dan 37 siswa kelas IV SDN Medono 07 (kelas ekperimen). Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda (pretest dan posttest). Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji gain dan uji t. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan model Team Game Turnament pada pembelajaran IPA berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Medono 07 dan SDN Tegalrejo. Hasil uji gain menunjukkan indek gain kelompok kontrol sebesar 0,28 yang masuk dalam kategori rendah. Sedangkan pada kelas eksperimen dapat di kategorikan sedang karena memiliki indeks gain sebesar 0,41. Dari data tersebut menjelaskan bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Dan pada hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung> ttabel (4,731 > 1,996), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan hipotesis yang diterima adalah model Team Game Turnament pada pembelajaran IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Medono 07 dan SDN Tegalrejo. Saran yang bisa disampaikan berdasarkan penelitian ini, hendaknya guru terus berinovasi dalam penggunaan model-model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa sehingga siswa merasa nyaman dan mudah memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Team Game Tournament dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:41
Last Modified: 19 Jan 2018 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29154

Actions (login required)

View Item View Item