KEEFEKTIFAN GAMBAR SERI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN NGALIYAN
Ratih Octriana , 1401412109 (2016) KEEFEKTIFAN GAMBAR SERI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN NGALIYAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (934kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang mempengaruhi menulis karangan narasi rendah yaitu pada pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Selain itu, guru belum menggunakan media yang menarik minat siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi, karena bahan ajar yang digunakan guru hanya dari buku.Minimnya media pembelajaran akan berakibat pada keterbatasan ide yang muncul pada diri siswa dan mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada keterampilan menulis menjadi rendah. Maka diperlukan sebuah upaya untuk memperbaiki rendahnya menulis karangan siswa yaitu dengan menggunakan media gambar seri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah keefektifan gambar seri sebagai media pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan?”. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan gambar seri sebagai media pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan. Rancanganpenelitian yang digunakan adalah penelitian True- Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design, pada kelas eksperimen 27 siswa dan kelas kontrol 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, kemudian soal posttest yang telah diujicobakan sebelumnya menggunakan uji reliabilitas test-retest dan uji validasi isi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test polled varians.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui hasil postest menunjukkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Harga thitung posttest lebih besar dibandingkan harga t-tabel (2,284>1,684), artinya Ha diterima. Ha diterima artinya media gambar seri lebih efektif bila dibandingkan dengan penugasan langsung terhadap menulis karangan narasi kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro. Penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro. Media gambar seri sebaiknya diterapkan sebagai salah satu media pembelajran inovatif yang dapat meningkatkan menulis karangan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, gambar seri, menulis karangan narasi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) > Instructional Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 18:08 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 18:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29152 |
Actions (login required)
View Item |