PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA UNTUK KELAS IV SDN MANGUNSARI SEMARANG


ANGGI PRATIWI , 1401412102 (2016) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA UNTUK KELAS IV SDN MANGUNSARI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412102.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (265kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru SDN Mangunsari bulan Februari 2016 ditemukan permasalahan rendahnya rata-rata hasil belajar siswa mapel IPA kelas IV dibandingkan dengan mapel lain. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui lembar kegiatan siswa yang tersedia lebih banyak memuat soal-soal daripada kegiatan sehingga perlu dikembangkan. Belum dibiasakannya siswa belajar berdasarkan masalah juga menyebabkan daya berpikir siswa rendah sehingga menemui kesulitan bila dihadapkan pada sebuah masalah terkait pembelajaran yang membutuhkan daya nalar yang jawabannya tidak tercantum pada buku teks. Rumusan masalah umum dalam penelitian pengembangan ini: apakah LKS berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya valid, efektif dan praktis diterapkan di Kelas IV SDN Mangunsari Semarang. Jenis penelitian adalah pengembangan dari Sugiyono dengan desain pola one group pretest-postest design. Subjek penelitian siswa kelas IV sejumlah 24 di SDN Mangunsari Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang yang juga dijadikan sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penilaian validasi dari ahli semuanya berada di rata-rata ≥ 62,25% yang dalam kategori layak. Penerapan LKS pada subyek penelitian memperoleh respon dengan kategori minimal positif. Hasil penerapan LKS siswa memperoleh N-gain sebesar 0,31 yang termasuk kategori sedang. Diketahui T hitung sebesar -10.10590459 < T tabel sebesar 2.06865761, nilai -10.10590459 lebih kecil dari -2.06865761 yang artinya tidak jatuh pada daerah penerimaan Ho namun jatuh pada daerah penolakan Ho. Artinya ada perbedaan signifikan antara hasil Pretest dan Posttest namun kriteria uji N-gain sedang dan memiliki arti peningkatan hasil belajar ada diantara rendah dan tinggi. Berdasarkan data dapat disimpulkan LKS IPA berbasis Problem Based Learning, efektif dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Mangunsari. Pengembangan LKS IPA berbasis Problem Based Learning disarankan karena efektif untuk meningkatkan hasil belajar sehingga dapat diterapkan di kelas IV SDN Mangunsari Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS IPA, valid, efektif, praktis, PBL.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:08
Last Modified: 15 Jan 2018 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item