KEEFEKTIFAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN PANGGUNG 7 KOTA TEGAL


Hasna Maria Ulfah , 1401412108 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA CD PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN PANGGUNG 7 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (416kB) | Preview

Abstract

Media pembelajran merupakan perantara dari sumber belajar kepada siswa. Media berfungsi memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis; mengatasi keterbatasan ruang dan waktu; menciptakan minat belajar; serta mampu menghadirkan bayangan peristiwa di masa lampau. Salah satu jenis media pembelajaran adalah CD pembelajaran. Menurut hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Panggung 7 Kota Tegal diperoleh sejumlah informasi bahwa penggunaan CD pembelajaran belum optimal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan media CD pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar IPS kelas V SDN Panggung 7 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel dan populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Panggung 7 dan Panggung 6 Kota Tegal, sebanyak 51 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, studi dokumenter, observasi, tes, dan angket. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan, uji keefektifan dan uji hubungan. Berdasarkan uji perbedaan minat belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V yang menggunakan media CD pembelajaran dan yang menggunakan media gambar diperoleh nilai thitung sebesar 3,699 (thitung > ttabel = 3,699 > 2,010 ) dan nilai signifikansi 0,001 (0,001 < 0,05). Uji perbedaan hasil belajar diperoleh nilai thitung = 2,253 (thitung > ttabel = 2,253 > 2,010) dan nilai signifikansi 0,029 (0,029 < 0,05). Berdasarkan uji keefektifan minat dan hasil belajar IPS siswa, diperoleh hasil minat dan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V yang proses belajarnya menggunakan media CD pembelajaran lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang proses belajarnya menggunakan media gambar. Uji keefektifan minat belajar menunjukkan nilai thitung sebesar 6,229 ( thitung > ttabel = 6,229 > 2,060) dan sig.(2-tailed) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Uji keefektifan hasil belajar menunjukkan nilai thitung = 2,962 (thitung > ttabel = 2,962 > 2,060) dan sig.(2- tailed) sebesar 0,007 (0,05 > 0,007). Berdasarkan uji hubungan antara minat dan hasil belajar diperoleh nilia thitung sebesar 8,752 ( thitung > t tabel = 8,752 > 2,064) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SDN Panggung 7 Kota Tegal. Guru hendaknya menggunakan media CD pembelajaran untuk mengingkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media CD Pembelajaran; Minat; dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:08
Last Modified: 15 Jan 2018 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

View Item View Item