HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN PATI


SUSILO WATI , 1401412104 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412104.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (249kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis. Pemahaman dalam membaca dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu penguasaan kosakata. Berdasarkan wawancara dengan guru di SDN Gugus Sultan Agung, permasalahan yang didapatkan antara lain, siswa yang tidak dapat memahami makna kata-kata yang dibaca yang sesuai dengan konteks bacaan, sehingga menghambat siswa untuk memahami makna dalam satuan yang lebih besar, yakni kalimat atau paragraf dalam proses membaca. Penelitian ini bertujuan untuk: mendiskripsikan penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati, serta untuk menguji hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati sebanyak 55 siswa. Pengumpulan data untuk variabel penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman diambil dengan teknik tes soal pilihan ganda yang udah diuji validitasnya menggunakan point biserial dan reliabilitasnya menggunakan KR (Kuder-Richardson) 20. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati, masing-masing memperoleh skor rata-rata 64,82% dan 71,5% dengan kategori baik, serta terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati yaitu sebesar 94,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati. Ini menunjukkan bahwa variabel penguasaan kosakata dapat menjadi prediktor yang baik bagi kemampuan membaca pemahaman. Sehingga penelitian ini mengindikasikan bahwa guru yang mengajar pelajaran Bahasa Indonesia perlu lebih memotivasi penguasaan kosakata untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cerita Anak, Kosakata, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:08
Last Modified: 15 Jan 2018 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item