KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD GUGUS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KUDUS


ROHMATUL UMMAH , 1401412100 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD GUGUS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (517kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di SD gugus Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kudus hasil belajar IPA masih rendah karena model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, siswa belum memunculkan pengetahuanya sendiri, dan kurang berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Rumusan masalah: “apakah ada perbedaan penerapan model PBL lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar IPA kelas V?”. Tujuan: untuk mengkaji keefektifan model PBL dengan model konvensioanal terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD Gugus Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh kelas V sd Gugus Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kudus. Teknik pengambilan sampel cluster sampling, SD 1 Undaan Kidul sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan SD 1 Undaan Tengah sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas model PBL, variabel terikat hasil belajar IPA materi daur air. Teknik pengumpulan data yang digunakan menurut Sugiyono observasi, dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis dan keefektifan menggunakan uji t-test dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan model PBL efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi daur air. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen sebesar 81,12 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 55,6. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (4,360) > ttabel (1,96) kesimpulan model PBL efektif untuk pembelajaran IPA. IPA dapat diperkuat denga hasil gain. Hasil penghitungan indeks gain yang diperoleh kelas eksperimen adalah dalam kategori sedang sebesar 0,57400. Sedangkan kelas kontrol mendapat kriteria rendah sebesar 0,28558. Hasil penelitian model PBL efektif digunakan terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD Gugus Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kudus. Saran dari peneliti sebaiknya guru dapat merangsang data berpikir siswa untuk terlibat dalam memecahkan permasalahan, untuk sekolahsebaiknya memotivasi guru untuk mengembangkan model pembelajaran dan berdampak kualitas pembelajaran di sekolah. Keefektifan model PBL disarankan untuk meningkatkan hasil belajar sehingga diterapkan di kelas V SD Gugus Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPA; keefektifan; problem based learning.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:09
Last Modified: 15 Jan 2018 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29145

Actions (login required)

View Item View Item