PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI KELAS V SDN KARANGAYU 01 KOTA SEMARANG


Erlina Dewi Puspitaningrum , 1401412092 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI KELAS V SDN KARANGAYU 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (608kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil dokumentasi di SDN Karangayu 01, ditemukan permasalahan pembelajaran IPA. Permasalahan dalam pembelajaran IPA diantaranya guru belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan mengembangkan Mulimedia Pembelajaran Interaktif pada pembelajaran IPA SDN Karangayu 01. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPA materi Struktur Bumi kelas V SDN Karangayu 01, sedangkan tujuan dalam penelitian ini yaitu menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran IPA materi Struktur Bumi kelas V SDN Karangayu 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Karangayu 01 yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas V SDN Karangayu 01 dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, keefektifan media dan data kuantitatif dengan uji t dan uji gain. Hasil penilaian pakar menunjukkan bahwa: (1) penilaian pakar menunjukkan Multimedia Pembelajaran Interaktif layak uji pakar materi, media dan bahasa. Persentase penilaian komponen kelayakan isi yaitu 100% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli media I yaitu 91,6% dengan kriteria sangat layak dan penilaian media II yaitu 72,9% dengan kriteria layak. (2) Rata-rata persentase uji coba produk yaitu 100% dan uji coba pemakaian memperoleh ratarata 98,3%. (3) Multimedia Pembelajaran Interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t sebesar 11,040 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,681 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPA efektif untuk pembelajaran IPA dan meningkatkan hasil belajar siswa materi struktur bumi. Saran pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPA karena dalam pembelajarannya memudahkan siswa dalam memahami materi serta menarik perhatian siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interakif, IPA, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 15:35
Last Modified: 15 Jan 2018 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29140

Actions (login required)

View Item View Item