HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS SRIKANDI KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG KOTA SEMARANG


DWI OKTAVIANA , 1401412089 (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS SRIKANDI KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (437kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar yaitu motivasi. Pada penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar PKn adalah motivasi belajar. Berdasarkan penelitian awal melalui wawancara dengan guru kelas IV menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa yang rendah dikarenakan siswa tidak termotivasi dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah penelitian ini: bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang; bagimanakah hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang; adakah hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang; mengetahui ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Se- Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Korelasional. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Se- Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat. Teknik pengembilan sampel melalui teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat termasuk dalam kategori baik dan Hasil belajar PKn siswa termasuk dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai PKn sebesar 51,94, besarnya nilai korelasi motivasi belajar dan hasil belajar PKn adalah 0,57 (rhitung 0,57 > rtabel 0,195 dan taraf signifikansi 5%). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD negeri Se-Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Saran untuk pihak sekolah supaya memberikan motivasi belajar kepada siswa, dengan cara meningkatkan salah satu indikator motivasi belajar yaitu dengan cara menumbuhkan semangat belajar siswa dan melengkapi sarana prasana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; motivasi belajar; PKn
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 15:35
Last Modified: 15 Jan 2018 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29138

Actions (login required)

View Item View Item