HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA PADA HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SD NEGERI KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL


Tissa Delaniken Sujak , 1401412084 (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA PADA HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SD NEGERI KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Kurangnya perhatian, pengawasan orang tua kepada anak akan memberikan pengaruh kepada perkembangan dan hasil belajar anak. Pola asuh orang tua adalah interaksi antara orang tua dan anak, orang tua memberikan kebutuhan fisik dan non fisik. Pola asuh yang tepat akan mendukung anak untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana hubungan pola asuh orang tua pada hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Arief Rahman Hakim Kecamatan Kendal. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mencari bagaiamanakah pola asuh orang tua siswa kelas IV, bagaimanakah hasil belajar PKn siswa kelas IV dan bagaimanakah hubungan pola asuh orang tua pada hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Arief Rahman Hakim Kecamatan Kendal. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana pola asuh orang tua,mendeskripsikan hasil belajar PKn dan mengetahui bagaimana hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Arief Rahman Hakim kecamatan Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan lokasi penelitian ada di SD Negeri Se-Gugus Arief Rahman Hakim Kecamatan Kendal. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV 131 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas, dan uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 74,05% siswa yang mengalami pola asuh demokratis dan termasuk dalam kategori cukup baik serta hasil belajar PKn masuk dalam kategori baik sekali atau 37,4% . hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar mendapatkan hasil korelasi 68% yang berarti bersifat kuat dan 32% terdapat variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, hasil belajar Pkn, PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 15:35
Last Modified: 15 Jan 2018 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29136

Actions (login required)

View Item View Item