KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V GUGUS KI HAJAR DEWANTARA


Siti Niswatun Azizah , 1401412081 (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V GUGUS KI HAJAR DEWANTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (405kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca pemahaman di kelas V SD masih belum efektif, akibatnya siswa belum optimal dalam memahami isi bacaan. Oleh karena itu guru perlu menggunakan strategi yang disesuaikan dengan keterampilan berbahasa yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi belajar PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman dalam pembe-lajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V Gugus Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Sam-pel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Hadipolo dan SDN 3 Hadipolo. Teknik pengampilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes membaca pemahaman. Pengujian hipotesis dan keefektifan menggunakan uji t-test dan uji gain. Skor rata-rata hasil pretes kelas kontrol dan eksperimen tidak memiliki perbedaan terlalu banyak yaitu rata-rata kelas kontrol sebesar 64,7059 sedangkan kelas eksperimen sebesar 65,0327. Data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Adapun rata-rata hasil postes memiliki perbedaan antara kelas kontrol dengan eksperimen. Hal ini diketahui dari hasil hitung uji hipotesis. Hasil uji tersebut diperoleh thitung= 3,481 dan ttabel= 2,000 sedangkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,001. Hal ini berarti rata-rata skor postes kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol sehingga Ha diterima. Selain itu juga terdapat hasil uji gain yang menunjukkan bahwa besar peningkatan kelas kontrol lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen. Kelas kontrol rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,2932 sedangkan kelas eksperimen 0,5140 (kategori sedang). Hasil penelitian memperoleh simpulan bahwa strategi belajar PQ4R efektif meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V gugus Ki Hajar Dewantara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, PQ4R
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 15:35
Last Modified: 15 Jan 2018 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29134

Actions (login required)

View Item View Item