PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA LEGENDA MASJID RADEN SAYYID KUNING SISWA SMP KELAS VIII DI PURBALINGGA


Setiani Supriyatin, 2601411081 (2016) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA LEGENDA MASJID RADEN SAYYID KUNING SISWA SMP KELAS VIII DI PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (309kB) | Preview

Abstract

Legenda merupakan salah satu jenis cerita rakyat yang memiliki pesan moral, oleh karena itu masyarakat khususnya generasi muda diharapkan mengetahui hal tersebut. Pada mata pelajaran bahasa Jawa di SMP kelas VIII semester satu terdapat kompetensi mendengarkan legenda. Cerita legenda yang diperoleh siswa pada saat pembelajaran di sekolah tidak kontekstual karena bukan cerita asli dari Purbalingga dan tidak menggunakan dialek Purbalingga. Materi yang kontekstual sangat diperlukan dalam pembelajaran. Semakin banyak cerita dari daerah lain, membuat cerita lokal daerah tersebut tersisihkan. Berdasarkan uraian di atas, perlu dikembangkan suatu materi pembelajaran mendengarkan legenda yang kontekstual dan belum pernah dijadikan materi pembelajaran di sekolah. Setelah dilakukan observasi dan wawancara awal di sekolah, dipilihlah cerita legenda asli dari Purbalingga yaitu cerita legenda masjid Raden Sayyid Kuning. Cerita legenda ini merupakan cerita asli dari Purbalingga dan belum pernah digunakan sebagai materi pembelajaran di sekolah. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan mendasar dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap materi pembelajaran legenda masjid Raden Sayyid Kuning, (2) bagaimana prototipe terhadap pengembangan materi pembelajaran mendengarkan legenda masjid Raden Sayyid Kuning, dan (3) bagaimana validasi produk materi pembelajaran mendengarkan legenda masjid Raden Sayyid Kuning. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap materi pembelajaran mendengarkan legenda masjid Raden Sayyid Kuning (2) menyusun prototipe terhadap materi pembelajaran mendengarkan legenda masjid Raden Sayyid Kuning, dan (3) memperoleh hasil validasi materi pembelajaran mendengarkan masjid Raden Sayyid Kuning. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D)yang mencakup antara lain (1) analisis potensi masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII dan guru bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, angket , dan wawancara. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, angket kepada guru dan siswa, wawancara, dan angket uji ahli. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini terdiri dari (1) hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan materi mendengarkan legenda yang menarik, berisi cerita asli Purbalingga, berdialek Purbalingga, durasi yangdibutuhkan 10-15 menit. (2) prototipe pengembangan materi mendengarkan legenda masjid Raden Sayyid Kuning merupakan materi pembelajaran berbentuk gambar animasi yang disertai backsong. Materi ini berisi pesan moral agar siswa senantiasa beribadah kepada Allah SWT, patuh terhadap orang tua, selalu menepati janji, dan selalu bersikap tanggung jawab. (3) hasil akhir materi mendengarkan legenda masjid Raden Sayyid Kuning berdasarkan uji ahli materi dan media terdapat beberapa bagian yang harus diperbaiki antara lain pengisi suara yang kurang menunjukkan ekspresi tokoh dan format sampul belakang kemasan VCD. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian yaitu perlu dilakukan penelitian pengembangan lain sebagai penyempurnaan penelitian ini. Untuk mendapatkan hasil analisis yang menyeluruh terhadap prototipe materi pembelajaran legenda masjid Raden Sayyid Kuning yang telah disusun, maka peneliti mempersilahkan prototipe tersebut diuji cobakan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: legenda, materi pembelajaran, mendengarkan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 15 Jan 2018 13:28
Last Modified: 15 Jan 2018 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29126

Actions (login required)

View Item View Item