KEEFEKTIFAN MODEL SQ4R BERBANTUAN MEDIA STORYTELLING ORGANIZERS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD GUGUS NUSA MAYONG JEPARA


LUTFI MU’AZATIN , 1401412077 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL SQ4R BERBANTUAN MEDIA STORYTELLING ORGANIZERS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD GUGUS NUSA MAYONG JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (309kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SD Gugus Nusa Mayong Jepara dalam aspek membaca belum terlaksana secara maksimal, terlihat dari rendahnya skor keterampilan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain cara mengajar guru kurang bervariasi yaitu menggunakan model penugasan, siswa kesulitan menentukan gagasan pokok dan menyimpulkan isi bacaaan menggunakan bahasanya sendiri. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan model SQ4R berbantuan media storytelling organizers untuk memberikan alternatif dalam pembelajaran membaca pemahaman. Rumusan penelitian yaitu apakah model SQ4R berbantuan media storytelling organizers lebih efektif dibandingkan model penugasan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus Nusa Mayong Jepara. Tujuan penelitian yaitu untuk mengkaji keefektifan model SQ4R berbantuan media storytelling organizers terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus Nusa Mayong Jepara. Penelitian merupakan penelitian ekperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD gugus Nusa kecamatan Mayong kabupaten Jepara. Sampel penelitian berjumlah 50 orang siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan studi dokumenter. Data dianalisis menggunakan uji statistic yaitu uji-t dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SQ4R berbantuan media storytelling organizers efektif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas V SD Gugus Nusa Mayong Jepara. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,822 > 2,000), dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) berarti bahwa rata-rata hasil keterampilan membaca pemahaman siswa menggunakan model SQ4R berbantuan media storytelling organizers lebih besar dibandingkan model penugasan. Besarnya keefektifan SQ4R berbantuan media storytelling organizers terlihat dari rata-rata gain ternormalisasi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada gain ternormalisasi pada kelas kontrol (0,42094 > 0,2139). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model SQ4R berbantuan media storytelling organizers lebih efektif dibandingkkan model penugasan dalam keterampilan membaca pemahaman siswa SD kelas V Gugus Nusa Mayong Jepara. Penerapan model SQ4R berbantuan media storytelling organizers diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan model pembelajaran dalam keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca pemahaman, Media Storytelling Organizers, Model SQ4R
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 13:45
Last Modified: 15 Jan 2018 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29125

Actions (login required)

View Item View Item