KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA SD KELAS IV
DEFFI SINTYA SARI , 1401412076 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA SD KELAS IV. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (356kB) | Preview |
Abstract
Pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD gugus Ki Hajar Dewantoro pada semester 1 tahun ajaran 2015/2016 nilai bahasa Indonesia masih rendah, sebagian siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), keterampilan menulis paling rendah apabila dibandingkan dengan keterampilan berbahasa lainnya. Siswa mengalami kendala pada saat menulis, terutama menulis karangan eksposisi khususnya pada kelas IV SD, siswa kesulitan dalam menyampakan informasi ke dalam bentuk tulisan dan kurang bisa mengembangkan gagasan yang dimilikinya, dalam menyusun karangan siswa kurang memperhatikan pengunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma dan lainlain). Apakah model TTW dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas IV SD gugus Ki Hajar Dewantoro? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model TTW dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantoro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD gugus Ki Hajar Dewantoro tahun ajaran 2015/2016. Prosedur pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik nonprobability sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dipilih sampel yaitu SD 2 Hadipolo sebagai kelas eksperimen, SD 6 Hadipolo sebagai kelas kontrol. Selain itu, peneliti menentukan kelas uji coba pada siswa kelas IV SD 3 Hadipolo. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Uji prasyarat dalam penelitian ini meliputi uji validitas berupa validitas isi dari tim ahli sebagai validator soal dan uji reliabilitas melalui reliabilitas inter-rater (interrater reliability). Dari hasil penelitian eksperimen yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan sebagai berikut: Harga t-hitung positif menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen 77,38 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol 70,20. Peningkatan keterampilan menulis karangan eksposisi pada kelas eksperimen terlihat pada penghitungan rata-rata gain ternormalisasi. Hasil penelitian dan simpulan yang telah dipaparkan, maka terdapat beberapa saran dari penulis yaitu sebagai berikut; Guru hendaknya selalu berusaha melakukan inovasi dalam menggunakan model pembelajaran. Dengan demikian, siswa tidak merasa bosan dan lebih semangat mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran TTW sebaiknya digunakan sebagai salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis. Sebelum menggunakan model pembelajaran TTW, hendaknya guru merencanakan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan baik, sehingga pelaksanaannya dapat berlangsung sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TTW, keterampilan menulis, karangan eksposisi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 13:45 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 13:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29124 |
Actions (login required)
View Item |